Meriahkan Hari Santri Nasional 2023: IAIN Langsa Gelar Expo Kemandirian Pesantren

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Okt 2023 15:15 0 68 Rumah Moderasi

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA menyampaikan, “IAIN Langsa dengan tekad yang kuat, berkomitmen untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2023. IAIN Langsa telah merencanakan berbagai acara dan kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023”.

Dalam ajang Expo Kemandirin Pesantren ini, IAIN Langsa mengundang 10 pondok pesantren (Ponpes) ternama dari tiga kabupaten/kota, diantaranya, Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Kegiatan Expo Kemandirin Pesantren yang bertujuan untuk meningkatkan nilai dan peran pondok pesantren, acara kegiatan Expo Kemandirin Pesantren yang berlangsung 23 Oktober 2023 di Aula Terpadu IAIN Langsa.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA, menyampaikan, “Expo Kemandirian Pesantren adalah acara atau pameran yang bertujuan untuk menunjukkan upaya pesantren dalam menciptakan kemandirian dan mengembangkan berbagai aspek kehidupan pesantren, termasuk pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya. Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang mencakup berbagai aspek pendidikan dan pengembangan diri siswanya”. Tuturnya

Expo Kemandirian Pesantren mencakup berbagai kegiatan, seperti pameran produk-produk yang dihasilkan dari pesantren, pameran kegiatan ekonomi yang dilakukan di pesantren, seminar atau konferensi tentang kemandirian pesantren, serta berbagai kegiatan budaya dan sosial lainnya. Tujuan dari acara ini adalah untuk menunjukkan bagaimana pesantren dapat menjadi lembaga mandiri yang berkontribusi pada pendidikan, ekonomi, dan perkembangan sosial di masyarakat.

Acara Expo Kemandirian Pesantren juga dapat menjadi wadah untuk berbagi pengalaman antara berbagai pesantren, pemerintah, dan lembaga lain yang tertarik dalam pengembangan kemandirian pondok pesantren. Dengan cara ini, pesantren dapat memperkuat peran mereka dalam masyarakat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup santri dan masyarakat sekitar, jelas Rektor IAIN Langsa

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *